Alasan Gak Suka Belanja Online



Copyright: weheartit


Pada akhir tahun lalu, gue sempat ikut interview di salah satu Start-Up Fashion Wanita berinisial Sale Stock SS di Yogyakarta. Di akhir wawancara, gue ditanyain:
 
 “sudah pernah belanja baju di SS?”

Percayalah, gaes. Kala itu gue rasanya pengen pergi, pinjam speaker masjid, lalu balik lagi buat neriakin HRD-nya sambil bilang:

“emang ngana nggak bisa liat badan gue segede apa?”

“ngana tau gak kalo produk ngana itu cuma S, M, L doang?!”

“TAU ENGGAK, HAAAA?!

Tapi gue mengurungkan niat tersebut, karena nggak mungkin. Jawab baik-baik aja ditolak, apalagi jawab kayak gitu. Hiks.

Gue memang punya alasan tersendiri kenapa gue gak suka belanja online. Di era digital seperti sekarang, ada banyak sekali online shop yang menjual berbagai kebutuhan, mulai dari kebutuhan: sandang, pangan, papan, palu, paku. Eh, wait. Ini mau nukang apa gimana? bahkan sampai barang yang gak penting juga ada. Jangankan kebutuhan sehari-sehari, wong ojek sama tukang cukur aja sekarang bisa online. Tepuk tangan dulu dong untuk kecanggihan teknologi masa kini.

Di luar sana ada banyak perempuan yang suka sekali belanja online. Bahkan ada di antara mereka yang seluruh isi lemarinya hasil dari belanja online. Mungkin gue juga akan melakukan hal yang sama kalau seandainya ukuran gue ada di pasaran. Nah, di bawah ini akan gue jelaskan barang apa aja yang bakalan gue pikirin berkali-kali untuk dibeli online, beserta alasannya. Here we go!


1.                 Jeans dan Baju
cr: rumine
  
Gue dianugrahi Tuhan bentuk badan yang seperti Ashley Graham. Bedanya, Ahsley Graham langsing, sedangkan perut gue off-side ke mana-mana.
Gue Ashley Graham

Padahal waktu kecil gue terlihat seperti anak-anak normal Indonesia pada umumnya, tapi entah kenapa pertumbuhan gue jadi nggak normal setelah gue kena typus. Gue jadi kesuburan.

Saat ini tinggi badan gue 174cm, lingkar piggang XXcm, dan lingkar dada sekitar… ah sudah, nanti kalian kaget.

Karena perut dan dada gue besar, gue jadi gak pengen beli baju online. kenapa? Karena kebanyakan size yang mereka tawarkan itu palsu gaes. Mereka bisa me-resize ukuran yang sebenarnya dengan cara me-retag ukuran. Missal: L diganti XL dan XL diganti XXL. (ini berdasarkan pengalaman gue).

Jangankan belanja online, kadang nyokap yang jelas-jelas udah tau ukuran gue aja masih salah tiap beliin baju. Yang gak muat sama sekali lah, yang dadanya kesempitan lah, yang bahannya gue gak suka lah. Ah! Banyak!

Lalu karena nggak cuma tinggi doang, gue juga jadi susah nyari celana jeans, dan sepatu kalau bukan produk dari luar.
Ukuran celana jeans online rata-rata cuma tersedia size 27-30, sedangkan ukuran celana gue 34. Itupun kadang-kadang suka ngatung sampe atas mata kaki.

Kebayang kan kalo gue mesti beli baju dan jeans online? Presentase kemungkinan gak dipakenya lebih besar.


2.                 Sepatu
cr: malinkalinka
Ukuran sepatu gue itu 41 atau 9 dan gue lebih suka belanja di tempat yang menyediakan ukuran 9,10,11 daripada yang ukuran 39,40,41, karena ukuran Indonesia tersebut merupakan eek banteng, alias bullshit!

Buat yang di Yogyakarta pasti tau dong, di sepanjang jalan gejayan itu banyak sekali toko sepatu berjejer. Mulai dari sepatu santai, sampai yang haknya bisa buat nimpuk pacar lo yang ketahuan selingkuh juga ada. Gue pernah masuk ke situ, lagi nyari stiletto buat dipake pas nikahan kakak gue, dan hasilnya gue selalu kecewa saat keluar dari toko-toko tersebut.

Mereka memiliki size 41 tapi gaes, gimana mau muat kalau ujung jari kaki gue aja gak bisa masuk.
Gue jadi berpikir, ini orang Indonesia udah berubah jadi kurcaci semua apa gimana sih? (insert crying emoji here) dan itulah alasannya kenapa sepatu gue sneakers semua, dan gak punya flat shoes sama sekali. Memang cuma sandal Swallow yang mengerti aku.

Nah, gue datang ke toko langsung aja ukuran gue gak ada. Apa kabar kalau gue beli online? sama aja kayak buang uang ke laut dong ya. Mungkin nanti gue bakalan beli sepatu online di salah satu akun instagram yang menyediakan custom alias tentukan sendiri model dan ukurannya. Iya, nanti. Kapan-kapan.


3.                 Tas
cr: anapink
Gue bukan tipikal perempuan yang mesti pakai tas bermerk dan mahal. Kenapa? Karena percuma, soalnya gue enggak telaten dalam merawat barang. #DamnItsTrue

Gue juga enggak terlalu suka pakai tas jinjing, layaknya perempuan-perempuan kekinian lainnya. Gue punya beberapa tas jinjing, tapi jarang gue pake karena ewh, ribet! Dan gue juga enggak pernah pake ransel yang super praktis itu. Nah loh, bingung kan. Iya, untuk sehari-hari gue lebih pilih pakai totebag atau slingbag mini yang jelas lebih praktis.

Lho, tapi kan banyak online shop yang jual totebag dan slingbag?

Ya, emang banyak. Tapi kan gue lebih suka beli dengan memastikan langsung harga dan kualitasnya. Gue juga gak takut kecewa karena barang tidak sesuai dengan yang di gambar atau apalah itu.


Lo ga pernah belanja online dong, Rul?

Pernah. Gue sering banget beli make-up online. Karena banyak produk terbaru yang gak gue temukan di store-store yang ada di Jogja, dan juga karena harga di toko online itu jauh lebih murah.


Kalau barang elektronik, gimana?

Uhm.. gue belum pernah sih beli handphone secara online. tapi gue pernah beli headset di lazada pakai sistem bayar di tempat, dan tidak mengecewakan. Mungkin kedepannya bakalan gue coba.


Alasan lain:

Gak punya uang.

Iya. percuma banget kan, kalo ada baju, tas, sepatu, yang sesuai dengan keinginan gue, tapi uangnya gak ada. *tersedu*


Tips Belanja Online:

Wah, sorry. You are in a wrong page. Gue gak punya tips untuk belanja online.

Sekian postingan gue siang hari ini.



Salam, 


Ashley Grahambell.



PS: percayalah, setelah interview tersebut, tiga hari kemudian SaleStock menyediakan ukuran plus size. warbiyasak! 

Bonus: video gue sama Joe Jonas.

Share:

2 komentar

  1. Huahahaha bener banget ini terutama no.2 soalnya pas masa puber aka SMP kaki saya mengalami gigantisme. Praktis nyari heels dkk. itu susah luar binasa. Sama sih paling olshop buat nyari kosme atau skincare apalagi dari korea yang cute-cute banget gitu. Eniwai masuk sini setelah baca artikel kamu yang paling hits, ditunggu tulisan baru lainnya ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo hikari!
      wah, kamu orang jepang ya? :')
      kalo kamu masih susah nyari sepatu, coba ke payless shoestore. di sana ada ukuran besar buanyaak banget.. *promosi ga dibayar*
      wah, terimakasih apresiasinya, makasih juga udah mau mampir. :')

      salam,

      nuruliu

      Hapus