Cerita Soal Awkarin: Menghina Lagu Kebangsaan, Apa yang Salah Dengan Generasi Sekarang?


Karin Novilda
Gue enggak ngerti kenapa tiba-tiba gue jadi pengin ngomongin awkarin. Gue mengenali namanya sejak beberapa minggu yang lalu, yang tau-tau jadi topik panas di twitter.

Sebenarnya gue enggak terlalu peduli dengan perempuan bernama lengkap Karin Novilda ini, tapi begitu mengetahui respons orang-orang terhadap selebgram yang satu ini, gue jadi sedikit tertarik.

Karin pertama kali dikenal lewat akun ask.fm-nya, lalu lama-lama dia juga mulai dikenal lewat akun instagram-nya. Gue sempat membuka akun IG-nya, dan awalnya merasa semua baik-baik aja.

Tadinya gue menggambarkan Karin sebagai sosok remaja nakal biasa. Perempuan yang ngecat rambut, ngerokok, minum, itu masih biasa aja bagi gue. Yang bikin salah adalah Karin posting itu semua di media sosial, di mana kita semua tau kalau yang follow awkarin ini generasi 2000-an.

Gue lebih tua beberapa tahun dari Karin. Dengan selisih umur yang terpaut sedikit, pelan-pelan gue mencoba untuk memasuki dunia Karin. Gue mencoba untuk memahami, atas segala kenakalan-kenakalan yang dia lakukan–bahkan beberapa kenakalan lo udah pernah gue alami jauh sebelum lo rin–yang ternyata berakhir sia-sia. Gue tetep gak paham.


Ngaku nyontek pas Ujian Nasional

Waktu SMP, Karin pernah mendapatkan nilai Ujian Nasional Matematika paling tinggi se-Riau. Duh Rin, gue kalah banget! Matematika bukan pelajaran yang gue bisa, sampai waktu ujian SMA-pun gue paling kalap di Matematika.

Tapi ternyata di Vlog-nya yang berisi tangisan layaknya acara termehek-mehek itu, Karin mengaku bahwa dia menggunakan kunci jawaban saat Ujian Nasional gara-gara main terus sama mantan pacarnya, Gaga.

Bentar, ini ada yang udah laporin sekolahnya Karin ke Mendikbud belum?


Kehidupannya Bukan Life Goals

Mungkin bagi dedek-dedek yang lahir taun 2000-an, kehidupan Kakak Karin ini merupakan Life Goals. Karin cantik, punya pacar yang ganteng (bukan tipe gue sih), banyak uang.

Dedek-dedek ini menganggap Karin keren, karena dia bisa dengan bebasnya ngerokok, nyimeng, minum-minum, juga bebas posting foto-foto vulgar dengan pacarnya. Mungkin Karin pengin keliahatan keren, bebas, gaul atau(insert another words here), tapi sayangnya dengan cara yang salah.

Di sini gue mau bilang, semua manusia punya hak dan kewajiban. Karin punya hak untuk mendramatisir kehidupan dia di media sosial. Dia juga punya hak untuk posting apapun di instagram. Iya silakan, tapi dia enggak berhak untuk bikin wajah anak-anak sekarang jadi tercoreng karena kelakuan dia.

Semua orangtua yang ngerti media sosial, dengan usia anak 8-belasan tahun, pasti pada khawatir dan berdoa semoga anak-anak mereka enggak ikut-ikutan jadi seperti awkarin. Gue cuma bisa berharap, semoga yang kayak awkarin ini cuma satu, tapi ternyata mustahil, karena teman-temannya juga sama semua.


Menghina Lagu Indonesia Raya


Mungkin ini lah alasan kenapa gue memutuskan untuk bikin tulisan tentang orang yang gak penting. Iya, gue jengah sama si Karin karena gue baru tau kalau ternyata Karin mengunggah sesuatu di snapchat-nya, yang ternyata nyanyian lagu Indonesia Raya.
Penghinaan terhadap lagu kebangsaan ini bahkan sudah muncul petisinya di change.org.

Gue sempat maki-maki soal ini lewat akun twitter gue, yang akhirnya malah membuat gue mikir: Ada apa sih sama anak-anak zaman sekarang? Kenapa mereka bisa dengan bangganya mengunggah sesuatu yang sama sekali enggak pantas untuk dipamerin ke orang-orang? 

Apalagi kali ini soal lagu kebangsaan. L a g u  K e b a n g s a a n ! 

Disaat anak-anak muda seperti Lilyana Natsir dan Tontowi Ahmad kemarin baru saja mengumandangkan Indonesia Raya pada Olimpiade Rio, dan Rio Haryanto masih berjuang mati-matian agar bisa kembali ke sirkuit, untuk bisa kembali mengharumkan nama Indonesia, Awkarin malah menghina lagu kebangsaannya sendiri. 

Gue enggak peduli kalo Karin nyimeng, mabok, pakai narkoba sekalipun, enggak, gue sama sekali gak peduli. Karena gue tau, sebelum dia mutusin buat ngelakuin hal-hal itu, dia pasti sudah tau atas konsekuensi yang akan dia terima. Terlebih, bukan urusan gue kalau dia jadi rusak. 

Tapi kali ini dia sudah benar-benar kelewatan. Mengganti lagu Indonesia Raya dengan kata yang tidak sepantasnya, merupakan pelecehan menurut Undang-Undang Republik Indonesia no. 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.


Anak-anak seperti Karin Novilda ini memang pantas dihukum, agar generasi-generasi di bawahnya tau kalau apa yang dilakukan Karin merupakan hal yang sangat salah, dan supaya para orangtua lebih waspada terhadap anak-anak mereka. Atau sekalian saja cabut status kewarganegaraannya. Masih banyak remaja Indonesia yang lebih potensial dan membanggakan, daripada Karin Novilda. 

Untuk pertanyaan why stupid people like her still exist? Mungkin ini kesalahan orang-orang yang kayak gue juga, yang malah memutuskan untuk bikin orang kayak dia jadi semakin terkenal.

Untuk kalian yang mendukung pemberian hukuman atas Karin Novilda, silakan tanda tangani petisi change.org di sini.




Share:

66 komentar

  1. Saya baru tahu Ka, si karin berulah lagi.
    Ckkkk... memang keterlaluan banget sampai menghina lagu kebangsaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sih awalnya sama sekali ga peduli sama ni bocah, tapi kalo udah kayak gini, ini anak emang mesti dihukum sih kak. biar kapok, dan biar anak-anak yang lain juga pada tau mana yang pantas, mana yang enggak. :(

      Hapus
  2. Karin bikin ulah lagi??
    Kalau mungkin sensasi yang dia bikin biasa aja kayak mewek2 kemarin, fine.. Aku g ambil pusing. Please demi apa karin menghina lagu kebangsaan negara kita yang baru saja merayakan hari jadinya. Karin.. Ente udah keterlaluan! Ini anak kayaknya perlu minum air perasaan kancut yg g dicuci seminggu, biar modar!
    Takutnya abis ini dia jadi duta lagu kebangsaan, sedih hatiku

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kak.. makanya aku bilang di atas, kalo kenakalan dia itu di mata aku masih nakalnya anak-anak remaja biasa.. tapi kalau udah sampe jelek-jelekin lagu kebangsaan sih, semua orang pasti merasa terhina.
      kalo dia jadi duta lagu nasional? cih! gak sudiiiiii!

      Hapus
    2. Bukan berulah lagi.. Tapi karin udah lama ngupload video dia nyanyi indonesia raya. Waktu dia masih kelas 12. Cuma orang2 pada baru tau skarang, jadi dikira berulah lagi. Padahal udah lama

      Hapus
    3. Bukan berulah lagi.. Tapi karin udah lama ngupload video dia nyanyi indonesia raya. Waktu dia masih kelas 12. Cuma orang2 pada baru tau skarang, jadi dikira berulah lagi. Padahal udah lama

      Hapus
  3. Hedeeehhh..berulah lagi. Soalnya kemarin banyak yg ngebela juga sih yaa.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, salahnya di situ sih. harusnya orang kayak karin ini jangan dikasih panggung, biar gak kelewatan kayak sekarang. :(

      Hapus
  4. Media udah ga terlalu beritain dia lagi... mungkin ini salah satu caranya biar "naik" lagi.. entahlah... toh biasanya bentar lagi orang2 juga bakalan lupa, biasanya sih gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dia sepertinya memang haus popularitas sih kak.. tapi kalau udah bawa-bawa nasionalisme gini, kayaknya bakalan susah dilupain deh. semoga aja dia dapat hukuman yang setimpal, atau minimal hukuman sosisal di lingkungannya lah.

      Hapus
  5. Omg, miris deh cari sensasi nya sampe segitunya ya. Hmmm

    BalasHapus
  6. Jangan bilang, dia pengen diangkat jadi duta apalah apalah seperti kasus penghinaan lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah amit-amit, jangan sampe deh kak. :( orang yang kelewat batas kayak gini sih harusnya dimasukin ke sekolah lagi, dan dijejelin pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sama Sejarah. biar gak kelewat pinter.

      Hapus
  7. Ada artikel bagus soal si Karin ini, coba baca deh di sini. Ada dua biji, satu bhs indo, satu bhs inggris...

    http://www.rappler.com/world/regions/asia-pacific/indonesia/bahasa/englishedition/143827-awkarin-instagram-online-cyber-bullying

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang rappler, aku sudah baca. terimakasih share-nya ya, mas kenni! :)

      Hapus
  8. Itu, keterangan di sc nya atau di tulis sendiri?
    Ah gilak nih orang. Kmrn petisi bukan di bikin di change.org, tapi dimana gitu. Semoga saja polisi bertindak.
    Etapi orangtuanya kemana sih? Kok gak di jewer kupingnya. Yang aku bibgubg ya itu. Dimana orangtua dan keluarganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. keterangan itu dari ask.fm-nya kak mia..
      aku juga berharap semoga ada tindakan, supaya gak ada lagi awkarin-awkarin selanjutnya yang jelas-jelas menjatuhkan harga diri bangsa.

      setau aku orangtuanya ada di riau. si karin sendiri ayahnya seorang dokter, lho! lulusan Universitas Indonesia pula.
      aku pun heran, kok ya bisa-bisanya orangtua karin ini lepas tangan..

      Hapus
  9. Astaga...kali ini dia udah kelewatan menghina negara. Otw ke petisi nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hati-hati di jalan menuju petisi, kak helena.. terimakasih sudah mampir. :)

      Hapus
  10. Ini emak bapak nya tau ga sih kelakuaan anaknha gtu, lama-lama ngeselin ya tingkahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia kak yang masih jadi misteri dan tanda tanya besar. semoga orangtua karin segera tau ya.. kalo udah tau tapi masih diem aja, berarti ada yang salah dengan keluarga mereka..

      Hapus
  11. Sependapat sama tulisan kakak, awalnya sy juga ga peduli soal dia yg curhat blablabla di vlog atau apalah. Tapi di ig sempet rame soal karin yg ngehina lagu kebangsaan iseng iseng cari di google hehehe ketemu deh tulisan ini dan sy bener" sependapat sm kakak. Sedih liat generasi kyk karin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, rame di IG juga ya kak? aku malah enggak tau yang di IG, soalnya aku gak follow karin, dan akun dia juga diprotect. :(
      btw, makasih ya kak winda udah mau mampir. ^^

      Hapus
  12. Kasian anak ini.
    Gak dapat perhatian dari rumah, makanya minta perhatian sama orang se-Indonesia.

    Sepertinya kalau hanya dihujat, gak akan ada habisnya.
    Harus dipeluk sama Bu Elly Risman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku ga yakin sih kak, kalo sebuah pelukan itu bisa membuat dia berhenti, soalnya dia melakukan semuanya itu secara sadar. mungkin karin memang seharusnya didampingi dulu sama psikolog, karena aku yakin banget kalo psikologi dia ini terganggu. :(

      Hapus
    2. Kalau sudah jelas penghinaan terhadap identitas negara sih sudah jelas ada UU-nya. Kasus seperti ini ya harus diusut tuntas. Kalau tidak, akan jadi preseden buruk. Bisa diikuti banyak orang dong nantinya kalau akhirnya perbuatan menghina identitas NKRI "sanksi"-nya cuman dipeluk. Beuhhhh ... ada-ada aja.

      Hapus
    3. Kalau sudah jelas penghinaan terhadap identitas negara sih sudah jelas ada UU-nya. Kasus seperti ini ya harus diusut tuntas. Kalau tidak, akan jadi preseden buruk. Bisa diikuti banyak orang dong nantinya kalau akhirnya perbuatan menghina identitas NKRI "sanksi"-nya cuman dipeluk. Beuhhhh ... ada-ada aja.

      Hapus
  13. memang keterlaluan si cewek bengal ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga dia cepat sadar ya, kak yos.. terimakasih sudah mau mampir. :)

      Hapus
  14. Miris lihat dia. Hidupnya sulit pastinya. Semoga dpt hidayah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin! terimakasih sudah mampir kak enny. ^^

      Hapus
  15. Yang gue pikirin ketika karin merajalela gitu tuh.. "Kemana sih orang tuanya? Emangnya nggak ngelarang dia apa?"
    Btw sampe ada petisinya di https://www.change.org/p/menghukum-awkarin-atas-pelecehan-lagu-kebangsaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ini salah satu contoh komen tanpa baca dulu.

      Hapus
    2. hehe iya kak, itu juga yang bikin heran. karin memang sepertinya terlalu bebas tanpa syarat. btw petisinya udah aku cantumin kok pada tulisan di atas. makasih kak laili udah mau mampir. ^^

      Hapus
  16. Kasihan ya generasi muda, punya akses internet, apa-apa udah gampang, tapi malah suka sama sosok yg begitu. Kesannya ya dangkal banget gitu.

    Saya apresiasi untuk mba Nurul, udah mau bela-belain untuk nulis hal yg gak penting tapi menarik, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju kak luthfy. sebenernya ada banyak remaja-remaja di luar sana yang bisa dijadikan panutan. tapi ya anak-anak sekarang kan sukanya liat yang iar-liar dan kekinian gitu.

      emang ga penting kak, tapi aku juga gemes sih kalo ini anak masih bisa bebas berkeliaran. :(
      btw makasih udah mampir kak luthfy! :)

      Hapus
  17. Semoga gak jadi duta lagu nasional :(

    BalasHapus
  18. duh untung deh saya sebagai generasi 2000-an tidak terpengaruh :') miris semoga tindakan ini ditindaklanjuti

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh, jangan sampai terpengaruh ya corrie.. jadilah diri sendiri. :')

      Hapus
  19. yaaah mba karin mahh cuma satu dari jutaan remaja indonesia yang kelakuan nya melebihi batas norma...ini akibat keterbukaan informasi dan media sehingga dia mendapatkan "panggung" nya seperti yang mba bilang...masalahnya adalah bukan pada karin melainkan remaja- remaja yang suka pada karin tersebut..karena secara tidak sadar budaya asing itu mengikis habis norma-norma budaya timur yang baik..yang terefleksikan pada si karin itu..,ya hal ini tidak akan bisa di cegah pada lingkungan sosial..ya ini juga akibat KEBEBASAN HAM yang kebablasan...hingar bingar orang bicara buruk berperilaku buruk dan berbuat di luar norma kadang disalah persepsikan oleh BEBASNYA HAM..padahal bebas nya HAM tersebut merupakan pandangan politik bukan bebas nya lifestyle/gaya hidup inilah ada miss preseption yang terjadi di masyarakat apalagi pada remaja-remaja indonesia..jadi istilah BEBASNYA HAM malah meruntuhkan NORMA NORMA SOSIAL KEHIDUPAN..MIRISSS

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, saya speechless bacanya. :')
      ada benaarnya sih mbak, yang dimaksud kebebaasan HAM memang bukan bebasnya gaya hidup seperti ini. dan iya, ada banyak sekali remja yang tingkahnya seperti karin. tapi semenjak karin mulai berani memamerkan gaya hidupnya, maka pada kenyataannya makin banyak juga remaja yang berani seperti karin. harusnya kan yang seperti itu gak perlu dipublikasikan ke media sosial. mungkin perlu adanya edukasi lebih lanjut soal penggunaan internet.

      Hapus
    2. yuppp betul sekali mba...btw saya cowo.. iya mba emg pas aja pada jaman sekarang media sosial tuh emg bikin mudah bgt jadi terkenal...btw edukasi penggunaan internet bagus juga ..bisa dimulai dari sekolah dasar..ya pemerintah mungkin ga peduli dengan fenomena karin..padahal effect domino nya sangat panjang..

      Hapus
    3. eh, hehehehe maaf ya mas. ;) nah,iya. edukasi ini bisa disisipkan ketika guru mengajar. mungkin bisa ditambahin ke dalam materi sejenis PKN (sekarang namanya apa ya?)
      secara gak langsung, hal yang seperti ini bisa memengaruhi mental remaja. tentang sudut pandang mereka, kalo mau keren ya kayak awkarin, blablabla, kan kasian. :(

      Hapus
  20. masalah terbesarnya adalah. ini semua sudah terlanjur. dedek2 gemes diluar sana sudah terlalu menjadikan awkarin role model. ya bener kata mba nurul mereka sudah menjadikan kehidupan awkarin itu life goals. sedih ga sih liat hal beginian. gue rasa gue bakal lebih aware sama sosial media untuk anak. pengenalan internet penting dan harus sesuai dengan umur.

    apakabar orangtua awkarin ya? jadi kepo aja gitu gue nya... karena menurut gue orangtua itu sangat berpengaruh terhadap psikis anak. walaupun lingkungan juga sangat berpengaruh ...

    gue jadi ikut ngaco ngomongnya, karena saking udah enek banget sama awkarin hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, kak adelia! hehe ternyata kita merasakan hal yang sama ya. :')
      ada banyak banget lho yang penasaran sama orangtuanya aukarin, tapi biarkan itu semua menjadi sebuah misteri lah ya. :') aku juga nulis postingan ini karena udah males sama dia yang terlalu dielu-elukan anak-anak sekarang. semoga kedepannya anak-anak sekarang menjadi semakin bijak.

      ngomong-ngomong, terimakasih sudah mau mampir! ^^

      Hapus
  21. awkarin ini apa yaa bikin gemes deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, kak jihan!

      AH, awkarin sih gak gemesin kak, gemesin juga aku. :') *ditabok*

      Hapus
  22. Pernah tuh saya komen negative d foto instagramnya doski gara2 udh gemes banget liat postingannya yg ngerusak pemandangan (gemes tapi stalking eaaa). Langsung diserang dr berbagai penjuru sama dedek2 emesh hamba sahayanya doski. Dibilang engga gaul lah, kurang piknik lah, ga mampu ngikutin so awkarin lah, pas diintip ig nya rata2 dedek gemes anak SMP. Dan pas lg war comment itu weekday dijam pelajaran. Logikanya sih kalo mereka beneran sekolah harusnya lagi ngerjain tugas atau minimal denger guru nerangin lah, ini malah gencar d ig nya si karin. Catatan juga nih buat orang tua, jangan terlalu memfasilitasi anak2nya sama gadget "wow" sampe akhirnya disalahgunakan. Kalo niatnya buat bisa saling berkabar kala anak diluar rumah sih pake hape cinitnit yg cuma bisa sms atau telepon juga cukup ya.
    Jadi yaaa semua pihak turut andil dalam fenomena ini, kita ga bisa nyalahin 1 pihak aja. Harus diliat juga, dr pihak awkarin dan keluarganya gimana, trus gimana cara kita melindungi para dedek gemes dr godaan ngintipin dan memuja perusak moral sejenis awkarin ini.
    Semoga populasi dedek gemes ini berkurang ya kalo bisa musnah sekalian. Indonesia doesn't need the citizen like them.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak zahra, makasih ya udah mampir. :)
      ya ampun kak, ngapain sih war sama dedek-dedek emesh? eh tapi seru juga kali yah, soalnya aku juga hobinya war. :(
      untuk fenomena yang kakak maksud udah aku bahas juga loh di postigan ini (link di bawah), kali aja kakak mau mampir lagi. ;)

      Salam,

      nuruliu.

      http://nuruliu.blogspot.co.id/2016/08/kebebasan-media-sosial-dulu-dan-sekarang.html

      Hapus
  23. sedih banget, pengin tenar, tapi kelakukan kek gitu :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. :))))
      halo kak afandi, makasih udah mampir. :)

      Hapus
  24. Kak, tolong dikoreksi. Nama peraih Medali Emas Olimpiade Rio 2016 itu TONTOWI Ahmad. Bukan Tantowi. Dia udah bermain diliga profesional bertahun-tahun, berkali2 harumin nama bangsa, bahkan udah raih emas di Olimpiade loh. Miris, masih banyak yg salah sebut namanya. T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh my, sorry for my bad. :( sudah dikoreksi yaaa, terimakasih! ;)

      Hapus
  25. ponakanku kelas 5 cari info tentang si aw aw di yutub, kagetlah sayah... saya kasih tahu masalah ini ke ortunya dan sedikit bercerita tentang aw aw... ortunya kaget. kami cek Hpnya untung dia gak punya aplikasi IG or snapchat... (memang dia kami batasi peenggunaan medsoc). bingung kl dilrang ngeyutub cz dia lahi gemar bikin video untuk di upload di yutub. dilema ortu jaman sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lanjut menuju petisi lah... moga masih ada.
      btw ini tulisan yg bagus, dan lega masih banyak anak gaul diluar sana yg berfikir jernih dan saya yakin masih banyak diluat sana anak anak gaul yg tetep santun dan punya tata krama kayak nurul. Aamiin

      Hapus
    2. Halo, kak syarifah!

      thank you for visiting my blog, and you should know that your comment are made my day, thank you very much! :')

      ngomong-ngomong, aku juga pernah nyenggol soal parenting di postingan ini: http://nuruliu.blogspot.co.id/2016/08/kebebasan-media-sosial-dulu-dan-sekarang.html

      semoga ponakan kakak senantiasa berada di bawah lindungan semesta. :)

      Salam,

      nuruliu

      Hapus
  26. Sama bgt ky kamu. Aku jg awalnya biasa aja liat sikap dia, tapi setelah tau ini jadi agak risih.
    Kebanyakan makan micin yaa kayaknya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Novhilda! kayaknya yang merasa bukan cuma kita berdua sih. we never walk alone. #ehgimana

      Hapus
  27. semoga cepat dicabut status kewarganegaraannya :)
    Indonesia, tidak akan berat hati untuk mengeluarkan 1 orang nggak penting :)
    Menghina lagu kebangsaan :) dan dia masih bisa bernafas bebas di wilayah NKRI :) kenapa dia nggak hidup dijaman Pak Soeharto :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai nurul! sepertinya itu tidak akan terjadi, mengetahui dia yang sudah ditegur Komisi Perlindungan Anak-pun gak ada ngaruhnya. kalo dia hidup di zaman pak Harto, wah ... sudah diculik sih dia.

      ngomong-ngomong, terimakasih sudah mampir!

      nuruliu

      Hapus
  28. Ya gini nakal itu penyakit, tapi ada dua tipe, nakal yang menular dan tidak, dan biasanya tipe menular itu dianggep biasa aja, jadi gue gamau nyalajin siapa siapa, cuma sebagai warga negara yang baik walaupun gue bukan orang baik2, gue gak setuju nyela lagu kebangsaan dianggap keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, Khusni! gue pun gak peduli sama kelakuan karin selama ini. tapi ketika dia berani menghina lagu kebangsaan, gue tersadar sudah seharusnya dia "dibangunkan". ngomong-ngomong, terimakasih sudah mampir!

      nuruliu

      Hapus
  29. Baru ngeh kalo ni anak dari Riau. Hadehh sebagai orang Riau gue agak gimana gitu ya. Ya kali nge-hina lagu kebangsaan sendiri jadi suatu hal yg keren banget buat dia. Sedih sebenarnya kalo ada nemu orang2 kaya begini. Lo silahkan bandel, lo silahkan nakal karna itu hak lo kan. Tapi jangan lagu kebangsaan lo kasih kata jorok gitu juga kali. Eh, btw nice post loh. Have a nice day!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Rico! terima kasih ya, sudah mampir. have a nice day ahead!


      Salam,

      nuruliu

      Hapus