Produk Skincare Untuk Remaja





Saya masih ingat betul ketika pertama kali mulai coba-coba pakai skincare, waktu itu saya masih kelas satu SMP dan aktif dalam organisasi Palang Merah Remaja. Keaktifan dalam organisasi tersebut menuntut saya untuk sering berada di bawah terik matahari sehingga membuat kulit saya menjadi kusam. Berikut ini beberapa produk yang pernah saya gunakan saat SMP hingga awal kuliah:

Facial foam

Clean & Clear sempat menjadi pilihan saya waktu itu karena katanya clean and clear ini diperuntukkan bagi remaja yang baru saja tiba di masa pubertas. Sayangnya nggak begitu cocok untuk kulit saya yang dulu begitu berminyak. Saya pun akhirnya langsung beralih ke produk-produk lain.

Produk lain yang pernah saya coba adalah Garnier. Saya dan Garnier ini sepertinya punya love hate relationship. Di satu sisi saya suka banget sama Garnier ini karena minyak di wajah saya benar-benar terserap sempurna tanpa bekas, dan juga kulit saya terliat semakin cerah. Namun di sisi lain saya benci karena oil controlnya tidak tahan lama, sehingga beberapa saat kemudian wajah saya kembali terlihat seperti kilang minyak milik Pertamina. Kan nggak mungkin kalau saya cuci muka terus menerus. Tapi walau begitu saya sesekali masih pakai produk ini sih, terutama kalau lagi nggak ada pilihan lain. 

Setelah mengalami love hate relationship dengan Garnier, saya ternyata mengalami hal yang lebih baik dengan Ponds. Bahkan bisa dibilang, saya dulu merupakan salah satu fangirl-nya Ponds. Produk facial foam Ponds pertama yang saya coba adalah Ponds white beauty, yang kemasannya berwarna pink. Sejauh itu wajah saya tidak ada masalah apapun, juga sempat coba ponds yang warna biru untuk kulit berminyak dan berjerawat, dan lagi-lagi cocok. Saya bahkan pernah dikirimkan hampers dari Ponds Institute tepat pada ulangtahun saya yang ke 18! Dan sampai awal tahun kemarin saya masih pakai Ponds facial foam yang Charcoal Activated. Cocok banget buat saya yang sering beraktivitas di luar sehingga sering terkena polusi.

Milk Cleanser and Face Tonic

Sebenarnya saya ngga begitu suka untuk pakai milk cleanser, tapi nggak suka bukan berarti nggak pakai. Saat SMA saya paling sering pakai milk cleanser dan face tonic keluaran ponds. Kalau biasanya orang pakai milk cleanser sebelum memulai makeup, maka saya memakainya hanya ketika akan mandi atau mencuci muka. Penggunaan milk cleanser yang dilanjutkan dengan mencuci muka sangat dianjurkan terutama untuk kalian yang biasa menggunakan makeup maupun untuk yang beraktivitas di luar.

Pelembap dan Krim Wajah

Dalam hal pencarian pelembap yang cocok ini juga cukup panjang dramanya. Actually, saya juga nggak suka pakai pelembap karena bisa bikin wajah saya yang berjenis kombinasi ini jadi lebih berminyak dan lengket, sehingga tentu membuat saya jadi nggak nyaman. Di zaman saya remaja, pelembap yang saya tau itu cuma viva. Sempat saya coba, tapi ternyata saya merasa nggak nyaman. Saya juga pernah memakai pelembap atau krim wajah Gizi, dan ini lumayan membuat kulit saya menjadi cerah, tapi lagi-lagi saya ga suka karena bikin wajah jadi licin dan berminyak. Selain Gizi, saya juga sempat memakai Garnier, lalu beralih ke Ponds white Beauty hingga kuliah.

Kenapa saya lama pakai Ponds? Karena saya suka sekali sama hasil akhirnya. Ponds membuat wajah saya menjadi terlihat lebih cerah, dan juga tanpa minyak alias matte look! Saya juga nggak merasa licin ketika berkeringat karena krimnya terserap sempurna di kulit, nggak seperti krim-krim yang saya coba sebelumnya. Sayangnya ponds nggak mengandung SPF/Sunscreen jadi nggak bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Masker

Dari remaja sampai sekarang, maskeran adalah ritual yang saya paling nanti-nanti. Dulu sih saya sukanya pakai masker bubuk mustika ratu, kemudian dicampur dengan air mawar. Namun sebelum maskeran, saya mengexfoliate kulit saya terlebih dahulu menggunakan peeling dengan merk yang sama. Ritual itu saya lakukan cukup satu minggu sekali agar kulit saya nggak kering dan dehidrasi. Kalau dulu masker nggak begitu banyak pilihan, sekarang kamu juga bisa pakai masker tisu yang jelas saja cocok untuk semua usia dan jenis kulit. 

Tips Memilih Skincare Untuk Remaja

Pilihlah produk yang sesuai dan yang benar-benar kamu butuhkan. Misalnya facial foam, pelembap, dan sunscreen. Sunscreen dibutuhkan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahar langsung, sehingga kulit kamu tetap terjaga dan nggak gosong. Selain itu jangan takut untuk coba-coba produk skincare lainnya, karena dari situlah kamu akan tau mana yang cocok dan mana yang tidak untuk kulitmu.

Namun apalah arti perawatan dari luar kalau pola hidup kamu masih nggak benar. Jadi pastikan juga kamu rajin olahraga, minum air putih yang banyak, juga makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang cukup. Nggak usah dulu deh mainan dengan foundation dan makeup tools lainnya, dengan  merawat dan menjaga kulitmu, itu sudah lebih dari cukup. 


Salam, 

Share:

0 komentar