Daily Skincare Routine




Sebagai seorang perempuan dewasa, merawat kecantikan merupakan salah satu sifat alamiah yang saya miliki. Ada kepuasan tersendiri ketika bangun pagi pas pegang-pegang pipi, kulit saya rasanya halus dan kenyal. Rasanya mau beraktivitas seharianpun ayo aja. dan berkat blog ini saya jadi semangat buat skincaring, walaupun bukan produk high-end dan semacamnya, saya tetap ingin berbagi. Kebanyakan produk-produk yang saya gunakan ini nggak mahal, jadi buat kamu yang masih mahasiswa, bisa banget lho intip-intip di sini. 👀

Karena Bagi saya, mau semurah apapun skincare yang kamu punya, hasilnya tetap akan maksimal kalau benar-benar rajin memakainya, yakin aja hasil nggak akan pernah mengkhianati usaha.

Nah, gambar di atas merupakan rangkaian skincare yang saat ini saya pakai selama empat bulan terakhir. Jujur saja, selama pemakaian ini memang belum ada perubahan yang drastis karena makainya masih bolong-bolong, tapi saya benar-benar merasa kalau kondisi kulit saya yang sekarang lebih baik. Dalam hal memilih skincare, saya fokus ke kelembapan kulit, dan mencerahkannya. Berikut rangkaian skincare yang saya gunakan berdasarkan urutan pemakaian:


Cleansing Water

Belakangan ini ada banyak banyak banget micellar water yang beredar di pasaran, dan garnier termasuk salah satunya. Dan ajibnya Garnier juga ngeluarin kemasan kecilnya dong! Biasanya Garnier Micellar Water ini saya pakai kalau mau bersihin makeup. Ini lumayan bagus buat mengangkat makeup meskipun mesti berkali-kali usap. Makeup mata pun bisa dibersihkan menggunakan micellar water ini lho!  Kalau lagi ngga pake makeup sih saya biasa double cleansing pakai cleansing milk greentea dari viva dan kemudian dilanjutkan dengan cuci muka menggunakan facial foam.


Facial Wash

Ada tiga buah facial wash yang saya miliki, yaitu: Hada Labo Ultimate Moisturizing, Hada Labo Ultimate Whitening, dan Dove Beauty Mouisture. Setelah kemarin-kemarin saya pakai Himalaya, saya pun juga penasaran sama produk skincare dari Jepang ini. Baik Hada Labo Ultimate Moisturizing maupun Hada Labo Ultimate Whitening, keduanya sama-sama membuat wajah jadi kenyal banget, dan produknya benar-benar ngga ada wanginya sama sekali.

Kalau Dove kemarin saya beli waktu pulang ke rumah karena ngga sengaja kelupaan bawa dua facial foam ini. Dove ini claimnya juga melembapkan, tapi sayangnya jarang saya pakai karena dia masih ada wangi-wanginya. Kalau kamu tanya kenapa yang satunya kemasannya kecil, itu karena saya beli yang trial size sepaket sama toner dan pelembapnya. 



Exfoliator

Apa sih fungsi exfoiator? Exfoliator yang juga biasa kita sebut peeling itu berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang nggak bisa dibersihkan dengan facial foam. Jadi ada dua macam jenis exfoliator yaitu physical exfoliator atau scrub wajah, dan yang kedua berbentuk cairan atau toner. Physical exfoliator yang masih menjadi faforit saya adalah Himalaya Facial Scrub, dan yang kedua adalah V10 Plus yang berbahan dasar air. Sehabis menggunakan facial scrub, biasanya saya langsung cuci muka hanya dengan air (tanpa sabun), kemudian lanjut ke step selanjutnya yaitu toner. Physical exfoliator sendiri saya gunakan hanya tiga kali dalam seminggu. 


Toner

Ada tiga buah toner yang saya gunakan saat ini, dan ketiganya saya gunakan sekaligus untuk hasil yang maksimal. Sariayu White Aromatic ini saya jadikan exfoliating toner karena pada dasarnya dia memang pembersih yang bagus banget. Selain itu di dalamnya juga terdapat AHA (acid) yang merupakan salah satu kandungan yang wajib ada dalam exfoliating toner (AHA/BHA/PHA). Well, sejak awal kuliah saya sudah suka banget pakai toner ini karena dia bisa mengembalikan noda belang karena matahari. Beberapa teman saya ada yang nggak cocok sih pakai ini, jadi saya tidak merekomendasikan toner ini bagi pemilik kulit sensitif. Cara menggunakannya gampang saja, cukup tuang dia kapas kemudian usap ke seluruh wajah.

Sedangkan untuk sari mawar Mustika Ratu ini saya gunakan sebagai Hydrating toner, di mana dia menyeimbangkan pH dan kelembapan kulit yang kering yang biasanya disebabkan oleh exfoliating toner. Sari mawar ini biasanya saya gunakan selang-seling dengan Hada Labo Whitening Lotion yang juga mengembalikan kelembapan kulit. Jika sari mawar cara penggunaannya dengan kapas, maka untuk Hada Labo cukup diteteskan 3-4 tetes ke telapak tangan kemudian usapkan ke seluruh wajah. 


Moisturizer


Pelembap yang sekarang saya gunakan adalah Hada Labo Ultimate Whitening Lotion. Ini adalah rangkaian terakhir dari produk Hada Labo yang saya gunakan, dan merupakan salah satu pelembap yang paling saya suka! Saya selalu menggunakan pelembap setelah menggunakan toner. Untuk pemakaiannya juga ngga perlu banyak-banyak, cukup sebesar biji jagung lalu aplikasikan secara merata ke seluruh wajah. Untuk ukuran sekecil ini pun isinya masih setengah botol dengan pemakaian setiap hari selama lebih dari dua bulan. Hasilnya kulit saya jadi lebih lembap dan lembut, produksi minyak berlebih pun berkurang.


Serum


Nah kalau ini merupakan produk tambahan seminggu terakhir. Di postingan sebelumnya saya sudah nulis review tentang V10 Plus Serum yang merupakan serum berbahan dasar air, saya menambahkannya kedalam skincare harian saya karena manfaatnya kerasa banget di kulit. Produk yang saya gunakan ini merupakan Acne Treatment Series yang sudah saya jadikan satu di jar ini biar lebih mudah dan lebih higienis. Pemakaiannya cukup dua tetes aja kemudian usap ke seluruh wajah. Jerawat serta komedo yang meradang pun nggak datang-datang lagi. 


Sunblock

Nah, ini merupakan produk wajib terakhir yang saya gunakan sebelum pakai makeup! Sunblock ini penting banget dipakai buat melindungi kulit kita dari paparan radiasi sinar matahari. Skin Aqua UV Moisture Gel pun akhirnya menjadi sunblock pilihan setelah saya sempat terlibat drama dilema mau pakai sunblock apa.
Walaupun tulisannya gel, pada kenyataannya teksturnya creamy seperti pelembap biasa. Khusus sunblock penggunaannya memang agak banyak, kemudian diaplikasikan ke seluruh wajah. Pastikan kamu memakai sunblock minimal 20 menit sebelum ke luar rumah agar sunblocknya bisa melindungi kulit secara maksimal. Kemudian skip penggunaan sunblock untuk rutinitas skincare pada malam hari.


Mask

Saya juga sudah sering banget bahas masker di postingan-postingan sebelumnya. Well, akhir-akhir ini yang menjadi faforite saya adalah Face Shop Jeju Aloe, di mana sebenarnya ini multifungsi karena bisa jadi pelembap, masker, maupun hairmask! Ini fungsinya sama banget kayak sheet mask pada umumnya, hanya saja berbentuk gel dan nggak ada tisunya. Saya suka banget pakai ini sesaat sehabis panas-panasan di bawah matahari karena gelnya dingin dan menenangkan kulit. Produk ini juga sering saya gunakan sebagai masker setelah memakai toner yang langsung dilanjutkan dengan serum dan sleeping mask.


Sleeping Mask


Ini adalah step terakhir pemakaian skincare pada malam hari. Setelah serum meresap di kulit biasanya saya memakai sleeping mask supaya kandungan-kandungan skincare yang saya gunakan terkunci di kulit dan bisa bekerja maksimal saat tidur di malam hari. Vienna pun menjadi pilihan saya karena mudah didapat dan harganya pun ekonomis dengan kualitas yang nggak kalah bagusnya. 

Nah itu dia daily using skincare saya yang akhir-akhir ini saya gunakan. Kenapa kok kayaknya ngga ada yang mahal ya? well, jawabannya karena kulit saya ngga ada masalah serius yang harus disembuhkan. Saya skincaring agar supaya kulit saya jadi semakin lembut dan sehat. Sekian review saya kali ini, habis ini mau review apalagi ya? 

Share:

0 komentar