Perbedaan Cleansing Oil Body Oil dan Face Oil





Akhir-akhir ini saya lagi kecanduan banget sama hal-hal yang berbau oil; mulai dari cleansing oil, face oil, bahkan body oil.  Sayangnya, banyak sekali dari kita yang menganggap produk oil ini sebagai musuh. Memang sih, gak semua orang cocok dengan produk berbahan Oil. Namun, apa salahnya mencoba? Produk-produk skincare dan body care berbahan Oil ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang mungkin belum kamu ketahui. Benar nggak ya? Makanya kali ini saya sengaja menulis untuk memberikan pengetahuan dasar skincare dan bodycare berbahan dasar oil, khusus untuk kamu para pemula.


Cleansing Oil dan Face oil

Biore Cleansing Oil

Apa sih Cleansing Oil itu? Apa bedanya dengan Face Oil?
Well, Cleansing Oil adalah produk pembersih makeup berbahan dasar oil, berfungsi untuk meluruhkan makeup beserta residunya sebelum melakukan tahap mencuci muka.                                                                                                                                                                                                                                      
Saya pribadi baru mengenal Cleansing Oil semenjak maraknya 10 Step Korean Skincare sekitar tiga tahun lalu. Dalam step tersebut, sangat disarankan untuk menggunakan cleansing oil atau cleansing balm di step pertama untuk meluruhkan makeup secara maksimal. Itu saja. 

Sedangkan Face Oil adalah produk skincare yang dipakai di step paling akhir dalam skincare routine. Face oil memiliki banyak sekali manfaat, tergantung dengan jenis oilnya, seperti Argan Oil, Rosehip Oil, Tamanu Oil, dan Grapeseed Oil; yang berfungsi untuk menyamarkan noda bekas jerawat, mengecilkan pori-pori, melembapkan, bahkan menyamarkan kerutan.

Nah, sayangnya di sini banyak sekali netizen yang salah kaprah, menggunakan Cleansing Oil sebagai Face Oil padahal jelas sekali kedua Oil tersebut berbeda fungsinya. Menggunakan Cleansing Oil sebagai Face Oil sama dengan bunuh diri, karena yang ada kulitmu malah akan bermasalah. Cleansing Oil yang dipakai tanpa dibilas dengan sabun setelahnya hanya akan menyebabkan pori-porimu tersumbat, sehingga akan timbul masalah kulit lainnya seperti bruntusan, komedo, hingga jerawat.

Lalu adakah produk cleansing oil yang organik? Jawabannya, ada.

Kamu bisa menggunakan Virgin Coconut Oil maupun Virgin Olive Oil sebagai pembersih makeup, sebelum menggunakan sabun cuci muka. Namun perlu saya garis bawahi di sini, tidak semua jenis kulit cocok menggunakan produk-produk minyak alami seperti yang saya sebutkan di atas. Semua tergantung dengan jenis kulit, dan reaksi terhadap kulit masing-masing. Tidak semua produk alami itu baik, dan tidak semua produk pabrikan itu buruk.

Juga menggunakan Virgin Coconut Oil atau Virgin Olive Oil sebagai face oil sangat tidak saya sarankan karena kedua oil tersebut terlalu berat, dan tidak bisa menyerap ke dalam kulit dengan cepat seperti Argan Oil dan teman-temannya. Akan tetapi, kamu bisa menggunakan VOO dan VCO sebagai masker untuk memberikan kelembapan lebih pada kulitmu. Caranya oleskan VCO atau VOO ke seluruh wajah, diamkan 20 menit dan dibilas. Atau kamu juga bisa mencampurkan VCO atau VOO ke dalam masker kesukaanmu.


Haruskah Saya Mencoba Face Oil?



Jawabannya, iya dan tidak. Iya Jika kamu memiliki masalah kulit seperti pori-pori besar dan noda bekas jerawat; dan tidak jika kamu memiliki alergi pada minyak. Karena ada beberapa orang yang tidak bisa menoleransi minyak pada kulitnya, sehingga yang kulit akan timbul masalah setelah memakai produk oil.
untuk kalian yang baru mau mencoba face oil, saya menyarankan kamu untuk pakai face oil sebelum memakai sheetmask. Face oil yang saya maksud ini argan oil dan lainnya lho ya, bukan VCO ataupun VOO.

Face oil dapat membantu melembapkan kulit, dan menyeimbangkan kadar minyak, sehingga kulit tidak memproduksi minyak berlebih. Hal itu tentu akan membuat kulit terlihat jauh lebih sehat, dan pori-pori bisa tersamarkan.
Karena tahukah kamu, kulit yang dehidrasi ternyata akan memproduksi minyak yang berlebih. Itulah kenapa saya selalu menganjurkan penggunaan hydrating toner dan face oil untuk menjaga kelembapan dan kadar minyak di wajah, sehingga kulit tidak memproduksi minyak yang berlebih. Jika kamu memiliki masalah pada kulit berminyak, dan menganggap masalah itu akan selesai dengan cuci muka, maka kamu salah besar.

Mencuci wajah hanya dianjurkan 1-2 kali sehari, karena jika terlalu sering, itu hanya akan membuat kelenjar minyak pada lapisan kulitmu bekerja lebih ekstra, sehingga kulitmu akan semakin berminyak. Selain itu kulitmu juga akan menjadi kering, perih, bahkan bisa sampai mengelupas, karena kamu sudah mengambil kelembapan alami kulitmu tadi.

Jadi untuk kamu pemilik minyak berlebih, cobalah untuk lebih memberikan kelembapan pada kulitmu dengan cara pakai hydrating toner, moisturizer, face oil, dan sheetmask dalam skincare routin. Jika masih tidak cocok, mungkin kamu butuh bantuan Dermatologist.


Body Oil? Apa tuh?



Sesuai Namanya, body oil adalah minyak yang digunakan di area badan seperti Bio Oil, misalnya. Tujuannya untuk mengatasi permasalahan kulit di seluruh tubuh, seperti kulit kering. Lho, tapi kan Bio Oil bisa dipakai di muka juga? Well, saya pribadi tidak menyarankan Bio Oil untuk dipakai di wajah, karena kandungannya banyak yang nggak safety untuk kulit wajah apalagi dipakai dalam jangka waktu yang panjang. Namun kalua untuk badan, bio oil bagus untuk menyamarkan noda dan menghilangkan selulit.

Nah, akhir-akhir ini saya lagi ketagihan pakai body oil sebagai pengganti body lotion. Semua berkat info dari Mbak Sekar Arum yang bisa kamu baca di sini. Semua terjadi karena body lotion saya mendadak hilang entah ke mana. Padahal saya selalu pakai body lotion dan taruh di tempatnya seperti semua. Buat orang yang sudah terbiasa dengan kulit lembap, tentu ini menyebalkan sekali bagi saya. Saya juga jadi malas buat beli lagi, jadi ya akhirnya saya nebeng lotion punya Ibu.

Nah setelah baca-ba stories Mbak Arum soal body oil, saya teringat kalua saya punya body oil sisa dari Lifull Produk yang bisa kamu baca di sini. Body Oil dari Herborist yang saya punya ini masih belum dipakai sama sekali. Sayang banget kan? Makanya malam itu juga saya praktikan cara pemakaian body oil setelah mandi. Hasilnya? Kulit saya jadi lembut dan lembap banget. Plus bonusnya saya jadi wangi manten, karena body oil saya ini wangi zaitun.

Cara pakainya gimana? Well, kamu hanya perlu memakai oil ke seluruh tubuh setelah mandi, sebelum handukan. Kalau saya sih setelahnya saya diam dulu beberapa menit, sampai oil cukup meresap ke dalam kulit bersama air, baru deh habis itu handukan.
Body oil apa saja yang bisa dipakai? Jawaban saya sih, seadanya yang kamu punya saja. Saya sendiri baru pakai satu jenis, yaitu Herborist Body Massage. Kalua kata Mbak Arum yang sudah bertahun-tahun pakai, kamu juga bisa pakai VCO atau VOO, bebas. Senyamannya kamu saja.

Emangnya nyaman pakai minyak di badan?

If you never try, you will never know. Saya pribadi sih seneng banget karena dengan penggunaan seperti ini, saya jadi ga perlu repot-repot pakai body lotion setelah mandi, jadi bisa langsung fokus buat skinkeran (maklum, step skincare-nya panjang). Apalagi kulit saya juga kering banget, sejak SMP saya nggak pernah lepas dari body lotion. Apalagi kalau habis kena sabun, duh. Nggak nyaman banget. Paling setelah itu saya timpa lagi pakai sunblock, biar kulit aman dari bahaya sinar matahari.

Selesai deh, gitu aja sharing saya soal oil kali ini. Jika nanti ada tambahan, tentu akan saya update lagi. Kamu sendiri gimana? Sudah pada ngerti kan perbedaan Cleansing Oil, Face oil, dan Body Oil? Berminat untuk mencobanya?


Salam,




Share:

3 komentar

  1. Mbak, nggak lengket atau licin gt kalo di pake buat body ? Aku ada dari sariayu tapi kaya buat pijet to kalo dipake di badan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Mbak. Aku pakai body oilnya pas badan masih basah gitu sebelum handukan. kerasanya emang licin sih, tapi ntar pas udah handukan baru berasa bedanya (jadi lembap gitu). semoga membantu ya. :D

      Hapus
  2. Baru tau aku bedanya. Duh aku memang masih blajar masalah beauty beauty gni. Makasih sharingnya mbk. Salam, mmuthihauradotcom

    BalasHapus