Skincare for Acne Prone Skin


Hola! Coba hitung sudah berapa lama saya nggak posting apapun di blog ini? Yap! Sudah enam bulan. Saya sulit sekali meluangkan waktu untuk duduk manis menulis, alhasil kebanyakan pikiran-pikiran yang muncul saya tuangkan di akun media sosial saya. Namun mulai hari ini, saya akan kembali aktif dalam dunia per-blogger-an, dan kali ini saya akan membahas tentang 10 Step Korean Skincare khusus untuk kulit berjerawat.

Tidak terasa ternyata sudah setahun sejak pertama kali saya sharing soal skincare routine yang bisa kamu baca di sini. Beberapa bulan setelah itu, kondisi kulit saya berubah total, dari yang tadinya tidak ada masalah apa-apa menjadi sangat bermasalah.
Tiba-tiba muncul jerawat satu persatu di area pipi yang rasanya sangat menyakitkan. Untuk pertama kalinya dalam hidup saya, jerawat bisa membuat saya setersika itu. Sebelum-sebelumnya area pipi saya tidak pernah berjerawat; jerawat hanya muncul di sekitar T-zone yaitu kening dan hidung. 

Selain mencari tau penyebab utama masalah jerawat saya, saya juga memutuskan untuk mengganti skincare saya, yang beberapa di antaranya merupakan skincare Korea. Butuh waktu yang cukup lama untuk survive, dan akhirnya berhasil mengikuti tren Korean Skincare. Meski tidak semua merupakan produk Korea, tetapi saya mengadaptasikan step-step mereka. Berikut merupakan urutan skincare saya dan cara penggunaannya:


Double Cleansing

Nggak bosan-bosannya saya mengingatkan semua orang untuk melakukan double cleansing. Setiap ada yang menanyakan masalah kulitnya ke saya, pertanyaan yang saya lontarkan pertama kali adalah: “kamu sudah double cleansing belum?”

Karena percayalah, double cleansing merupakan step yang paling penting dari semua step. Kamu perlu membersihkan pori-porimu dari sisa makeup maupun residu sunscreen yang kamu gunakan, sebelum lanjut ke tahap skincare berikutnya. Karena tidak peduli apapun jenis kulit yang kamu miliki, atau seberapa mahal produk skincare yang kamu gunakan, pori-pori yang tersumbat tetap akan menyebabkan wajahmu dipenuhi oleh jerawat dan bruntusan. 

Produk first cleanser yang saya gunakan dalam tahap double cleansing saya adalah Micellar Water dan Facial Wash. Micellar Water dari Garnier masih menjadi produk andalan saya karena gampang didapat, lembut di kulit, dan harganya yang tentu saja affordable. 

Micellar water berfungsi untuk mengangkat makeup dan sisa-sisa makeup yang saya pakai. Walaupun misalnya pada hari itu saya tidak menggunakan makeup, saya tetap melakukan double cleansing untuk mengangkat residu sunscreen yang saya gunakan, karena sunscreen juga bisa menjadi faktor utama penyebab bruntusan dan jerawat.

Untuk cleanser yang kedua saya menggunakan beberapa facial wash yang saya gunakan bergantian tergantung dengan kondisi kulit saya. Saya memiliki 4 jenis facial wash yang memiliki bermacam fungsi yaitu:

Senka Perfect Whip Facial Wash: berfungsi untuk menghilangkan bruntusan
Himalaya Herbal Facial Wash: berfungsi untuk mengurangi komedo
Ponds Acne Solution: berfungsi untuk mengatasi dan mengeringkan jerawat
Wardah White Secret: berfungsi sebagai eksfoliasi harian


Exfoliating


Eksfoliasi merupakan proses pembersihan dan pengangkatan sel-sel kulit mati. Proses ini termasuk penting, karena bisa membersihkan pori-porimu hingga ke bagian terdalam. Ada dua jenis exfoliator yang saya gunakan saat ini, yaitu Physical Exfoliator dan Chemical Exfoliator. 

Butuh waktu yang cukup lama bagi saya untuk mau menggunakan chemical exfoliator, dan kini saya tidak menyesal karena hasilnya begitu memuaskan.
Physical Exfoliator yang saya pakai adalah Himalaya dan St. Ives. Saya hanya memakai mereka selama 2 minggu sekali karena sudah ditolong oleh Chemical Exfoliator yang saya gunakan lebih sering. 

Chemical Exfoliator yang saya pakai adalah Cosrx AHA 7 dan Apple Cider Vinegar Toner dari Kylie Secret. Cosrx AHA 7 hanya saya gunakan selama seminggu sekali, dan ACV Kylie Secret saya gunakan setiap malam karena dia lebih gentle di kulit saya.

Hasil dari penggunaan Chemical Exfoliate adalah kulit saya yang tadinya bruntusan kini sudah jauh lebih membaik. Bekas jerawat yang tadinya menghitam kini semakin hari semakin pudar. Di antara keempat produk exfoliate di atas, Cosrx AHA 7 adalah juaranya. 


Hydrating

Setelah kulit dieksfoliasi dengan chemical exfoliator, PH kulit cenderung rendah, dan membuat kondisi kulit jadi cenderung lebih kering atau dehidrasi. Maka dari itu kita butuh mengembalikan PH kulit seperti semula dengan menghidrasinya menggunakan Hydrating Toner. 

Adalah wajib hukumnya bagi kamu untuk menggunakan hydrating toner setelah menggunakan exfoliating toner. Karena penggunaan exfoliating toner bisa membuat kulitmu terasa semakin kering dan dapat mengelupas, atau breakout untuk kemungkinan terburuknya. 

Ada dua produk yang saya gunakan sebagai hydrating toner, yaitu: Kylie Secret Rose Water dan Nature Republic Aloe Vera Toner. Keduanya berfungsi untuk menstabilkan PH kulit, melembapkan, dan menyiapkan kulit untuk ke tahap skincare berikutnya.


Essence

Essence merupakan salah satu bagian utama dalam perawatan skincare korea. Essence berfungsi untuk membantu melembapkan kulit, dan mengatasi masalah-masalah kulit.
Essence yang saya gunakan adalah Benton Snail-Bee High Content Essence yang komposisinya mengandung extract lendir siput dan bee venom yang dipercaya bisa meredakan masalah jerawat, menghilangkan bruntusan, serta milia. Kamu bisa memasukkan produk essence dari brand dan kandungan lain sesuai dengan masalah kulitmu. 


Moisturizer

Moisturizer berfungsi untuk melembapkan kulitmu agar tetap sehat. Jika usiamu masih 20-an awal, mungkin kamu masih menyepelekan penggunaan moisturizer. Namun mulai sekarang, mohon singkirkan pemikiran itu. Percayalah, moisturizer adalah investasi yang menjanjikan untuk masa depan kulitmu kelak. 

Moisturizer akan menjaga kesehatan dan kelembapan kulitmu. Hal ini tentu akan berpengaruh nantinya, karena kulitmu tak akan gampang keriput. 

Produk moisturizer yang saat ini sedang suka-sukanya saya pakai adalah Ponds Acne Solution Moisturizer. Saya suka sekali dengan produk ini karena teksturnya gel, jadi gampang sekali meresap di kulit. Selain itu harganya juga affordable, serta gampang ditemukan di minimarket terdekat. Ponds Acne Solution juga bisa dijadikan spot treatment untuk jerawat bagi kamu yang jenis kulitnya kering.
 
Sebetulnya saya memang agak picky soal moisturizer, karena kondisi saya yang gampang sekali berkeringat, jadi membutuhkan moisturizer yang ringan dan cepat meresap. Jadi jika kamu setipe dengan saya dan memiliki moisturizer favorite, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar, karena itu akan sangat membantu saya.


Sheet Mask

Sheet mask adalah produk yang terlihat sepele tapi tidak bisa diremehkan. Pemakaian sheet mask yang cukup sering bisa membuat kulit menjadi lebih cerah, kenyal, dan juga terjaga kelembapannya, karena fungsi sheetmask sendiri adalah untuk membuat rangkaian skincare yang telah digunakan bekerja lebih cepat. Selama ini saya menggunakan sheet mask apapun yang ada di pasaran, namun akhir-akhir ini ada sheet mask pendatang baru yang sukses mencuri perhatian saya yaitu sheet mask dari Garnier. Penggunaan sheet mask cukup 20-30 menit, karena jika kamu pakai semalaman sheet mask bisa mencuri kelembapan kulitmu dan membuatmu keriput.


Face Oil

Face oil memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit bahkan untuk jenis kulit berminyak sekalipun. Face oil memiliki beberapa jenis yang berbeda yang memiliki fungsi yang berbeda pula. Namun secara umum, face oil berfungsi untuk melembapkan, mengecilkan pori-pori, menyamarkan noda hitam atau menyamaratakan warna kulit, melindungi kulit dari radikal bebas, dan yang pasti membuat kulit menjadi lebih terlihat glowing. 

Jenis face oil yang saya gunakan adalah organik grapeseed oil dan almond oil yang di-coldpress. Face oil ini sama jenisnya dengan rosehip oil atau tamanu oil yang gampang meresap di kulit dan tidak menyumbat pori-pori, sehingga aman untuk digunakan sehari-hari.


Sunscreen/Sleeping Mask

Sunscreen dan sleeping mask merupakan dua produk penting yang memiliki dua fungsi berbeda. Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulitmu dari bahaya sinar matahari, sedangkan sleeping mask berfungsi untuk mengunci rangkaian skincare yang kamu gunakan pada malam hari, dan keduanya sama-sama dipakai pada rangkaian skincare terakhir.

Tahukah kamu kalau paparan sinar matahari bias sangat merugikan kulit? Kulit yang terpapar sinar matahari terus menerus selain bisa menyebabkan hyper pigmentation ternyata juga bisa membuat kulit menjadi lebih cepat menua. Itu lah kenapa kita perlu menggunakan SPF untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, terutama dari jam 10 pagi hingga jam 4 petang. Produk sunscreen yang saya gunakan masih dari Skin Aqua yang sudah saya ulas di sini.

Sedangkan Sleeping Mask yang saya gunakan adalah Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel yang kini sudah memasuki jar kedua setelah sebelumnya saya menggunakan Soothing Gel dari Face Shop dan Wardah.


Mask

Penggunaan masker biasanya saya lakukan pada rutinas skincare di pagi hari, untuk menghindari Over Eksfoliasi yang biasanya menyebabkan kulit breakout. Ada dua jenis masker yang saya gunakan, yaitu Clay Mask dan Gel Mask. Saya juga sering meracik DIY masker yang nanti akan saya ulas di lain artikel.

clay Mask ini biasa saya gunakan sebelum mandi pagi, yaitu Freeman yang berfungsi untuk membersihkan pori-pori dari sisa skincare yang saya gunakan semalaman. Setelah itu baru dilanjutkan facial wash, lalu menggunakan Gel Mask Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel setelah mandi untuk menenangkan dan menyegarkan kulit, kemudian bilas kembali. Setelah itu baru menggunakan Hydrating toner dan lanjut ke step skincare berikutnya.


Penggunaan Skincare pagi dan malah hari tentu saja berbeda. Skincare pagi diwajibkan untuk menggunakan SPF atau UV filter, sedangkan skincare untuk malam hari sama sekali tidak boleh mengandung SPF karena bisa menghambat pemanfaatan skincare bagi kulit. 


Nah, itu dia rangkaian skincare yang saya gunakan untuk mengatasi kulit saya yang saat ini berjenis acne prone, kombinasi cenderung kering, dan bruntusan. Sejak pemakaian rangkaian skincare ini selama lebih dari dua minggu, saya merasakan begitu banyak perbedaan yang terjadi dengan kulit saya. 

Jerawat yang tadinya muncul menumpuk di satu tempat, kini sudah tak pernah datang lagi. Bruntusan pun sudah jauh lebih berkurang. Pori-pori yang tadinya membesar, kini mulai tersamarkan. Bahkan Makeup yang tadinya selalu Cackey pun sekarang menempel dengan sempurna di wajah saya. Saat ini saya hanya butuh konsistensi untuk menjaga kulit saya tetap sehat dan menghilangkan bekas jerawat. 

Perlu kamu ingat, tidak semua orang cocok menggunakan rangkaian skincare layering atau bertumpuk seperti yang saya lakukan saat ini. Yang perlu kamu lakukan sebelum mencoba produk-produk skincare adalah mengetahui kondisi kulitmu, dan banyak lakukan riset sebelum mencoba. 



Salam,

Share:

3 komentar

  1. Bener kak. Cosrx aha 7 juaranya! Kl kulit lg bruntusan trs malemnya dipakek in ini, paginya bruntusan berkurang bgt. Mana kulit jd mulus + cerahan lagi. Luv it!

    BalasHapus
  2. kak face oil nya merk apa kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, produk face oil yang saya gunakan adalah Kylie Secret yang bisa kamu beli di e-commerce.

      Hapus