Memasak Dengan Rice Cooker



Source: Line Up The Makeup

Ceritanya sebulan ini saya baru aja pindah kos, yang mana di kosan baru ini ternyata nggak ada dapur umumnya. Hal yang bisa-bisanya luput dari perhatian saya. Padahal saya merupakan orang yang picky banget dalam urusan makanan. Saya lagi benar-benar mengurangi konsumsi makanan cepat saji, selain itu saya juga nggak begitu suka sama makanan warteg. Karena daripada masakan warteg, masakan saya jauh lebih enak.

Sialnya lagi rice cooker lama saya juga rusak setelah tiga tahun pengabdiannya, makanya saya makin kalang kabut. Saya sempat menimbang-nimbang enaknya beli rice cooker atau kompor gas mini ya? Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya saya memutuskan untuk membeli rice cooker daripada kompor gas mini. Simpel sih, gara-gara tabung gas kaleng itu lumayan mahal dan boros kan ya? Lagi pula kalau punya kompor gas nanti nggak bisa masak nasi dong? Dan lagi-lagi saya juga picky soal nasi. Saya nggak suka nasi yang kelembekan ataupun nasi dingin. Kalau nasinya beli kadang suka nggak sesuai sama selera hati, nanti malah nggak nafsu makan jadinya. Hahaha! 

Jadi pada akhirnya saya memutuskan untuk membeli rice cooker dulu untuk sementara, sambil nabung buat beli kompor gas beneran dan printilannya. Saya memang benar-benar suka masak, dan puji syukur “tangan” mama ternyata turun ke saya. Masakan mama itu enak-enak banget, dan masakan saya nggak jauh-jauh lah. *humble brag* 

Nah di sini saya mau sharing, masakan apa aja sih yang bisa dimasak pakai rice cooker? Jawabannya: banyak! Ada banyak banget masakan yang bisa kalian masak pakai rice cooker. Bahkan hampir semua masakan bisa. Kuncinya sabar aja, karena memasak dengan rice cooker tentunya memakan waktu lebih lama daripada memasak dengan api kompor (ya iyalah!). 

Selain lama, memasak dengan rice cooker juga akan membuat usia rice cooker lebih pendek dari usia yang seharusnya, alias rice cooker akan menjadi cepat rusak jika keseringan dipakai selain untuk memasak nasi. Saya sudah mempertimbangkan hal ini, namun saya tetap melanjutkannya. Nah berikut ini ada beberapa menu yang pernah saya masak dengan menggunakan rice cooker:


Mie Instan

Ini sih resep yang paling mudah, apalagi kalau mie rebus. Panaskan air secukupnya, tunggu sampai mendidih ya! Kalau mau masak mie rebus ada baiknya masukkan bumbu di awal setelah airnya mendidih, baru deh masukkan telur. Niscaya rasa telurnya akan lebih enak! Setelah itu masukkan mie dan tunggu beberapa saat. Jadi deh, mie rebus! 

Kalau mie goreng sih saya sukanya telurnya diorak-arik barengan sama mie. Jadi angkat mie yang telah matang, buang airnya, panaskan minyak, masukkan telur lalu tutup sebentar. Orak-arik telurnya sampai matang. Setelah itu, masukkan mie yang sudah tiris tadi beserta bumbu instannya, dan juga tambahkan sedikit merica bubuk. Aduk-aduk, dan sajikan! 


Ca Kangkung

Caranya mudah kok! Panaskan rice cooker terlebih dahulu ya. Jangan lupa beri ganjelan pada cetekan cook and warm pakai kertas, biar nggak repot-repot. Setelah cukup panas, masukkan minyak atau margarine sedikit, kemudian tutup rice cooker. Setelah itu masukkan bumbu iris (bawang merah, bawang putih, cabe) kemudian tutup lagi. Aduk sekali-sekali ya, dan harus sering ditutup biar uapnya nggak keluar. Setelah dirasa bumbunya matang, masukin deh kangkungnya lalu aduk-aduk kemudian tutup lagi. Saya sih suka nambahin air sedikit untuk kuahnya, dan supaya kangkungnya juga cepat matang. Lalu jangan lupa masukin juga gula dan garam sebagai penyedap rasa. Aduk-aduk, tunggu mateng, jadi deh! 


Telur Goreng

Baik telur dadar maupun telur mata sapi semuanya bisa. Tapi yang paling mudah memang memasak telur mata sapi sih. Cukup panaskan minyak dalam rice cooker, pecahkan telur, beri sejumput garam lalu tutup deh! setelah beberapa saat balik telurnya, lalu tutup lagi. Tunggu beberapa saat, dan jadilah telur mata sapi rice cooker! 

Kering Tempe

Nah ini! Kemarin saya lagi kepengeeen banget makan kering tempe. Tapi saya nggak pernah bikin sebelumnya, jadi nggak begitu tau resepnya. Mau nanya mama kok males, mau browsing juga apalagi. Akhirnya dengan modal sok tau dan ala kadarnya, saya berhasil memasak kering tempe dengan rice cooker! Caranya potong kecil-kecil tempe, lalu goreng dengan minyak di rice cooker. Disarankan agar nggak sering-sering ngaduk tempenya ya! Biar tempenya jadi renyah. Biarin warnanya kecoklatan dulu, baru deh dibolak balik. 

Setelah selesai, kurangi minyak yang ada, lalu tumis bumbu irisan (bawang merah, bawang putih, cabe) sampai harum. Setelah itu masukkan tempe yang sudah digoreng, lalu tambahkan kecap dan gula. Aduk-aduk, tutup dan tunggu beberapa saat, dan jadilah kering tempe! Serius deh, rasanya enak! 


Sop

Percaya atau enggak, dulu waktu masih di kos lama saya sering banget masakin anak-anak sop. Mereka sih yang suka minta dimasakin, gara-gara katanya rasa sop bikinan saya mirip sama rasa sop bikinan Ibu mereka di rumah. Resepnya simpel aja kok! Cukup tumis bawang putih cincang sampai kecoklatan, lalu masukkan air. Setelah itu masukkan merica bubuk dan penyedap rasa ayam, juga gula pasir. Setelah mendidih masukkan kol, dan kentang, tunggu mendidih baru masukkan wortel belakangan. Dan terakhir jangan lupa masukkan juga irisan daun sopnya ya! Kamu juga bisa menambahkan bakso ataupun sosis jika mau. 


Selain masakan-masakan di atas, saya juga memasak aneka tumisan, semur telur, bahkan nasi goreng di rice cooker! Walaupun bumbu dapurnya nggak komplit, rasanya tetap enak kok. Saya selalu siap sedia bawang-bawangan, kecap, merica bubuk, garam, dan gula pasir. Gula nggak boleh ketinggalan ya! Gula itu penyeimbang rasa dari garam, dan akan membuat masakan apapun jadi lebih sedap. 

Untuk perawatan rice cooker juga jangan lupa! Jangan pernah memanaskan rice cooker dalam keadaan basah di luarnya ya. Selalu lap bagian luar rice cooker sebelum menggunakannya, karena ini juga akan mempengaruhi usia dari rice cooker itu sendiri. Menggunakan rice cooker dalam keadaan basah tentu akan membuat rice cooker cepat rusak. 

Oh iya, bagi kalian yang suka makan nasi panas dengan mentega, coba deh ganti mentega dengan minyak wijen dan tambahi sedikit garam. Rasanya enaaak banget, lebih enak daripada nasi mentega. Dan jangan lupa juga tambahi telur mata sapi ya! hahaha 

Sekian tulisan tentang life hack kali ini, semoga berguna buat kamu yang bingung mau masak apa menggunakan rice cooker. Resep di atas tentunya bisa kamu praktikan baik dengan kompor maupun rice cooker ya!


Salam,


Share:

0 komentar