Wisata Halal ke Korea Selatan



Source: hanbok3355
Beberapa waktu yang lalu, saya sempat ditanyai oleh seorang teman lama saat kami sedang janjian bertemu di salah satu kedai kopi langganan saya. Katanya, kenapa saya jarang banget nulis soal Korea di blog ini. Padahal sebagai mahasiswi Bahasa Korea yang tentunya sedikit-banyak tau soal Korea, dia berharap saya bisa sering-sering menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan Korea Selatan. Saya pun tertawa dengan hanya memberikan jawaban seadanya, dan seketika itu saya bisa melihat wajahnya yang sebal karena mendengar jawaban saya. Hahaha! 

Oh iya, nama teman saya ini Ratika. Jadi ceritanya, akhir tahun ini Ratika berniat untuk pergi berlibur ke Korea Selatan bersama adiknya. Sebenarnya niat itu sudah tertanam sejak bertahun-tahun lalu, semua bermula gara-gara Ratika berhasil saya racuni berbagai macam drama korea yang waktu itu suka saya tonton. Kamu tau sendiri kan, sampai saat ini pun drama korea nggak pernah sepi peminatnya. Selain karena aktor dan aktrisnya yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik, hal lain yang menarik dari drama korea adalah lokasi syuting, dan juga budayanya yang unik.

Namun sayangnya, ada beberapa hal yang menjanggal di hati Ratika. Dia memang ingin bisa pergi berlibur ke Korea Selatan, tapi dia selalu bimbang karena takut akan di-diskriminasi sewaktu berada di sana nanti. 

“Ah, kata siapa?” tanya saya setelah mendengar praduganya. Ia pun terawa masam sambil menggaruk-garuk kepalanya. 

“Korea aman kok Tik, tenang aja.” Saya masih melihat ada ketidakpuasan di wajahnya. Saya pun akhirnya bertanya hal-hal apa saja yang membuatnya khawatir, kemudian saya menjawabnya secara rinci. 

Jadi ternyata, ada dua hal yang membuat Ratika takut untuk pergi ke Korea Selatan. Pertama, Ratika takut di-diskriminasi oleh orang Korea karena hijab yang dipakainya. Kedua, ratika takut nggak bisa menemukan makanan halal sewaktu di Korea nanti. Dua hal itu memang wajar dipertanyakan, mengingat teman saya ini termasuk orang yang suka insecure namun berpendirian teguh. 

Saya pun menjelaskan beberapa hal ke Ratika supaya dia nggak perlu khawatir lagi. Di Korea Selatan saat ini sudah banyak destinasi wisata yang 'ramah' akan wisatawan muslim. Hal itu tentunya membuat banyak turis muslim yang sengaja datang berwisata untuk menikmati keindahan Korea Selatan, sehingga pemerintah juga turut menyediakan beragam tempat dan fasilitas yang tentu saja ramah untuk dikunjungi turis muslim. Selain karena turis asingnya, wisata halal di Korea Selatan juga ada berkat dukungan teman-teman pelajar muslim yang sedang menempuh pendidikan di sana .

Kedua hal di atas sudah cukup menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah Korea Selatan untuk melebarkan sayap dalam mengembangkan industri pariwisatanya. Selain itu, saat ini pemerintah Korea juga sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan makanan-makanan yang tentunya bisa dikonsumsi oleh para muslim.


Jadi, kamu dan yang lainnya nggak perlu khawatir lagi untuk berwisata ke Korea. Walau begitu, sebagai turis muslim kita juga tetap harus selalu bertanya dengan para pedagang apakah makanan yang dijual halal atau tidak, supaya nantinya tidak terjadi kesalah pahaman.

Korean Street Food | Soure: we heart it

Korea Selatan saat ini juga memproduksi berbagai macam makanan halal dalam kemasan, seiring dengan banyaknya penggemar makanan Korea di negara-negara muslim. Contohnya Samyang, mie instan khas Korea yang lagi ngetren saat ini.

Jadi, kalau pas kamu ke super market lalu menemukan berbagai macam produk makanan Korea dengan label halal, jangan ragu lagi ya untuk membelinya. 

Penduduk lokal Korea Selatan juga ramah-ramah lho! Beberapa teman saya yang sedang menempuh pendidikan di sana juga suka cerita, kalau pun ada penduduk korea yang jutek, itu biasanya karena mereka nggak begitu bisa berbahasa Inggris. Jadi, ada baiknya kalau kamu mulai belajar bahasa korea sedikit-sedikit ya, terutama untuk percakapan sehari-hari. Soal diskriminasi sendiri di Korea Selatan jarang sekali terjadi. Walaupun kebanyakan penduduknya tidak beragama, namun mereka akan mengerti kalau kamu merupakan seorang muslim, terutama jika kamu mengenakan hijab. Beberapa orang Korea yang saya kenal bahkan begitu menghargai perempuan-perempuan berhijab, lho.

Kalau kamu masih ragu dan takut tersesat, mungkin Paket Tour Wisata Halal Korea dari Cheria Halal Wisata ini bisa jadi solusinya. Kebetulan Cheria Wisata Tour Travel Halal Terlengkap di Indonesia memiliki Paket Tour Wisata Halal ke berbagai macam negara, dan salah satunya adalah Korea Selatan. Saya pun menyarankan Ratika untuk memilih Paket Tour Wisata Halal Korea ini supaya nantinya dia nggak perlu pusing lagi mikirin mau ke mana, dan mau makan apa setibanya di Korea nanti. 

Ada banyak sekali kegiatan yang ditawarkan oleh Cheria Halal Wisata, beberapa di antaranya yaitu berkunjung ke tempat bersejarah, menikmati keindahan alam Korea Selatan, menikmati lezatnya Korean street food, dan masih ada banyak hal lainnya yang ditawarkan dalam Paket Tour Wisata Halal Korea! Kamu bisa langsung mengunjungi websitenya untuk tau informasi lebih lengkap tentang jadwal kegiatan selama liburan di sana nanti, beserta informasi penting lainnya. 

Satu lagi, jangan pernah melupakan hal wajib yang harus kamu lakukan di Korea Selatan nanti, yaitu: berburu skincare! 

Myeong-dong | Source: we heart it
Dalam Paket Tour Wisata Halal Korea, sudah ada jadwal untuk pergi ke Myeong-dong yang merupakan salah satu distrik terkenal, di mana kamu akan menemukan banyak sekali toko-toko skincare dan makeup ternama dari brand terkenal Korea Selatan. Saya benar-benar menyarankan Ratika untuk berbelanja skincare di Korea nanti, karena harga di sana jauh lebih murah dibandingkan dengan harga online shop ataupun counter di Indonesia. Apalagi saat ini tren 10 tahap penggunaan skincare Korea sedang marak dilakukan, jadi jangan buang-buang kesempatan yang satu ini ya!

Tenang aja, kalau pun kamu merasa waktu berbelanja yang disediakan kurang, Paket Tour Wisata Halal Korea menyediakan free time sehari di mana nanti bisa kamu manfaatkan untuk melanjutkan belanja skincare yang tertunda. Kalau perlu, bawa tas atau koper sendiri ya saat berbelanja nanti, biar lebih puas dan lebih praktis!

Korean Skincare | Source: wantastic beauty
Setelah menjelaskan berbagai macam hal kepada Ratika, ia pun jadi kembali bersemangat untuk bisa mengunjungi Korea Selatan tanpa perlu mengkhawatirkan hal-hal di atas, yang ternyata sudah menghatuinya selama ini. Setelah saya beri tau soal Paket Tour Wisata Halal Korea, Ratika jadi nggak sabar mau liburan, apalagi setelah saya tunjukkan video di bawah ini, dia pun memutuskan untuk mempercepat jadwal keberangkatannya. 


Sekian untuk cerita saya kali ini. Semoga bisa membantu kamu dalam mengatasi kekhawatiran yang sama seperti Ratika, ya. Sampai jumpa pada postingan berikutnya!


Salam,
  












Lomba Menulis Artikel Cheria Wisata

Share:

2 komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo!

      Korea memang sudah lama ramah akan wisatawan muslim. I know this stuff cause I learn Korean in Korean Departemen of Universitas Gadjah Mada. Also thank you for sharing ya, but I don't even know her. ;) dan sori, komentar anda akan saya hapus karena anda menyematkan link aktif.

      Salam,

      Nuruliu

      Hapus