Tren Makeup Masa Kini dan Maraknya Kosmetik Palsu




Source: we heart it

Semenjak munculnya media sosial layaknya youtube, twitter, dan instagram, kita jadi begitu tau dan bisa dengan mudahnya mengikuti perkembangan zaman. Apa yang sedang terjadi di belahan dunia sana bisa kita ketahui hanya dalam hitungan detik, tanpa perlu lagi melihat televise ataupun membaca koran. Selain perkembangan teknologi dan informasi, ada beberapa hal lain yang ternyata juga tak mau kalah untuk berkembang, salah satunya yaitu perkembangan pada kosmetik. 
 
Kamu pasti seringkali melihat perkembangan-perkembangan kosmetik saat ini. Sebagian para penggila kosmetik ini ada yang berkiblat ke dunia barat seperti Perancis dan Amerika, dan sebagian lagi berkiblat ke Asia yang kebanyakan berupa makeup natural dan skincare yang berasal dari negeri ginseng, Korea Selatan. 

Tren operasi pelastik yang dulu sempat booming, sekarang tidak perlu dilakukan lagi. Hanya dengan makeup, seseorang yang tadinya terlihat biasa-biasa saja, bisa jadi begitu cantik dan mengagumkan. Walaupun sampai saat ini tren operasi pelastik masih begitu diminati oleh sebagian orang, namun sebagian lagi akan berpikir dua kali untuk melakukannya, dan lebih memilih untuk berinvestasi dengan skincare dan makeup.

Beberapa tahun terakhir saya sendiri begitu tertarik dengan perkembangan makeup lewat media sosial. Saya seringkali menyimak video-video tutorial makeup yang dilakukan oleh orang-orang dari penjuru dunia, yang lebih kita kenal dengan sebutan beauty blogger, yang videonya bisa dengan mudahnya kita tonton di youtube dan instagram.

Tren-tren yang mulai happening beberapa tahun belakangan ini bisa kamu lihat mulai dari tren alis, tehnik highlight and contour, smokey eyes, makeup-no makeup, juga tren matte lip cream yang tentu saja menjadi faforit hampir seluruh perempuan di seluruh penjuru dunia, termasuk saya sendiri. 

Ketika melihat video-video tutorial itu, saya selalu merasa kalau apa yang mereka lakukan itu begitu mudah. Mungkin bukan cuma saya, tapi banyak perempuan lainnya termasuk kamu. Namun ternyata apa yang saya lihat itu tak semudah dengan apa yang saya lakukan. Buktinya, saya butuh waktu hampir satu tahun untuk bisa bikin alis yang benar. Itu juga masih belum benar sih, tapi setidaknya bentuknya masih terlihat natural, nggak nyeremin seperti bentuk golok abang-abang es dogan langganan saya.

Saya juga sering banget lihat teman yang gambar alisnya begitu menyeramkan, tapi untungnya teman saya itu masih mau belajar supaya terlihat lebih baik lagi. Every woman is beautiful itu benar adanya, tapi kalau alismu seperti golok abang es dogan, maka cantikmu juga nggak bakalan keliatan karena semua mata bakalan terfokus sama alismu aja. 

Nah selain alis, tehnik highlight and contour juga lagi happening banget. Tehnik di mana kamu bisa menutupi hampir seluruh kekurangan dari wajahmu, ntah itu bintik-bintik hitam di wajah, bekas jerawat yang parah, bahkan juga bisa membuat pipi kamu yang chubby itu menjadi terlihat lebih tirus. Hal ini yang membuat saya betah banget nontonin video tutorial para beauty blogger ini. Saya suka sekali melihat transformasi mereka yang tadinya biasa banget menjadi terlihat begitu flawless! Biasanya tehnik ini sering dipadukan dengan lip cream matte, dan juga makeup mata yang smokey, dan tentu saja nggak kelupaan dengan bentuk alis yang on point. Jika dulu Cinderella hanyalah cerita dongeng, maka kini semua orang bisa benar-benar menjadi Cinderella pada dunia yang nyata seperti yang mereka inginkan.

Nah tren makeup yang seperti ini tentunya menarik para pengusaha untuk terus berinovasi dan mengembangkan makeup tersebut. Apalagi saat ini sudah ada media sosial dan platform-platform e-commerce lainnya, di mana orang-orang bisa memanfaatkannya sebagai media promosi bahkan untuk transaksi jual-beli. Beberapa artis dunia ada yang memanfaatkan tren makeup dan perkembangan media sosial masa kini untuk menjual berbagai peralatan makeup yang tentunya begitu digemari oleh para pengikutnya. Sebut saja salah satunya Kylie Jenner. Kylie memulai bisnis makeup-nya di tahun 2016 ini dengan nama brand Kylie Cosmetics di mana yang paling terkenal yaitu produk Kylie Lip Kit-nya yang begitu diminati di pasaran. 

Kylie Lip Kit by we heart it

Nah beberapa waktu yang lalu saya sempat mengunjungi beberapa situs online yang tadinya cuma iseng-iseng cek harga untuk beberapa barang. Di bagian skincare dan makeup saya melihat banyak sekali kosmetik bermerk yang dijual dengan harga super murah. Yang bikin anehnya lagi, ternyata kosmetik branded dengan harga murah itu begitu banyak peminatnya, bahkan ada ribuan ulasan yang memberikan rate bintang 5 untuk kualitas produk dan pelayanannya. Saya pun penasaran, dan akhirnya memutuskan untuk membeli seperangkat alat makeup di mana dengan harga kurang dari IDR 150.000, saya sudah bisa mendapatkan tujuh buah alat makeup dengan merk-merk terkenal tersebut. 

Jika aslinya Lip kit by Kylie dijual lebih dari IDR 500.000, maka di forum itu kamu bisa mendapatkannya hanya dengan IDR 120.000 untuk satu lusin! Dan nggak cuma produk Kylie Cosmetics, kamu juga bisa menemukan berbagai produk dari brand ternama yang biasanya seharga ratusan ribu untuk satu buah, tetapi dengan harga yang sama kamu bisa mendapatkannya sebanyak satu lusin. Kebayang nggak sih, zat berbahaya apa saja yang terkandung di dalam kosmetik palsu tersebut? 

Setelah beberapa hari menunggu, makeup palsu yang saya beli akhirnya tiba juga. Dalam satu paket, saya mendapatkan satu buah Contour Kit, REVLON Eye Liner and Lip Liner Pencil, Eye Liner Pencil MAC, Brush Anastasia Beverly Hills, NYX Butter Lipstick, dan yang tak terduga adalah satu set Kylie Lip kit yang terdiri dari satu buah Kylie Lip Cream Matte dan satu buah Kylie Lip Liner. 

Apa yang saya dapatkan ini untuk sebagian orang tentunya merupakan kebahagiaan, karena mereka bisa mendapatkan berbagai macam kosmetik dengan merk dagang terkenal tanpa perlu mengeluarkan kocek yang begitu besar. Kalau kamu penasaran dengan review kosmetik palsu di atas, silakan tunggu tulisan saya pada postingan berikutnya! 😜


Salam, 


Share:

0 komentar