Goodbye 2016



source: we heart it

Tulisan ini akan menjadi tulisan penutup di tahun ini. Well, bisa dibilang ini pertama kalinya. Pada penutupan tahun-tahun sebelumnya saya enggak pernah sama sekali nulis tentang kejadian selama setahun terakhir, tapi kali ini saya lakuin.
Everyone said 2016 is the worst year ever. I agreed with that, even 2014 and 2016 was also worst too. Banyak hal yang terjadi pada diri saya dalam setahun terakhir, mulai dari hal yang membahagiakan sampai yang bikin nangis-nangis darah juga banyak. Tuhan melengkapi semuanya, hari demi hari berhasil saya lewati entah sampai kapan nantinya. 

Tahun ini untuk pertama kalinya saya nggak pulang lebaran. Iya, nggak pulang lebaran. Lebaran kali ini mama cuma ditemenin sama dua kakak saya, dan kakak ipar. Saya dan kak Rahmad nggak bisa pulang gara-gara kerjaan. That was the saddest moment when everyone celebrated Eid Fitr with their hole family and I was faaar away -and you can say, I was not celebrated it at all. Karena yah, nggak salat juga, jadinya cuma tidur doang.

Ada dua hal yang bikin sedih karena nggak pulang lebaran, yang pertama nggak bisa kumpul bareng keluarga; dan yang kedua susah bangeeet cari makan. Tempat makan di mana-mana tutup. Warmindo tutup, rumah makan padang langganan tutup. Mau masak, gas abis, dan warung sayur juga tutup. Akhirnya terpaksa kembali ke pelukan KFC dan McD setelah sekian lama saya memutuskan untuk nggak mengkonsumsi junk food lagi. Tapi kalau nggak gitu, gimana saya mau bertahan hidup, sedangkan warmindo depan kosan aja baru buka sebulan kemudian. 

Jadi buat yang berencana nggak pulang lebaran tahun depan, mendingan persiapkan logistik dulu sebelum lebaran. Jangan kayak saya yang akhirnya benar-benar bingung mau makan apaan. Selain itu juga jangan lupa siap sedia kue lebaran, karena book! Hal yang paling saya tunggu dari lebaran adalah kue-kuenya! dan lebaran kemarin saya baru berhasil makan kue lebaran setelah H+ sekian gara-gara saya merengek minta dikirimin mama. Sengaja nggak mau beli, karena kue buatan mama itu yang terbaik! 

Selain nggak bisa lebaran, ada banyak hal yang membuat saya nangis tersedu-sedu. Hal-hal yang nggak saya ekspektaskan terjadi di tahun ini, tapi mau nggak mau saya harus melewatinya, namun bukankah itu esensi dari hidup? Melewati masalah demi masalah, rintangan demi rintangan. Dan saat melewati hal-hal buruk itu semua, saya masih merasa beruntung karena Tuhan menghadirkan orang-orang yang tepat. 

Mama yang selalu ada buat saya, yang terus mengangkat telepon saya pada pukul tiga pagi, dan juga dia, seseorang yang Tuhan kirimkan untuk menemani saya sampai saat ini di saat saya jauh dari Mama. Dan tentunya dari kejadian-kejadian itu saya jadi berhasil memilah dan memilih mana yang benar-benar teman, dan mana yang bukan. Mana orang-orang yang layak saya pertahankan dalam hidup, mana yang yah.. cukup kenal aja. Semakin dewasa seseorang, maka akan semakin sedikit orang yang ia percaya. Saya mengalaminya sendiri.

Lalu hal lain yang saya lakukan pada 2016 adalah… 

Yup! Saya kembali nge-blog! Setelah sekian tahun saya bikin blog ini tanpa arah dan tujuan, dan akhirnya tahun ini saya berhasil kembali mengisi halaman demi halaman pada blog ini. Kalian bisa lihat sendiri di sisi kanan, tahun ini saya berhasil menulis lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya! Hal-hal yang tentunya nggak mungkin saya lakuin tanpa support dari kalian semua. 

Banyak yang bikin semangat, mulai dari saya yang ingin bisa bikin konten yang bermanfaat, sampai kalian yang mau-maunya aja ngunjungin blog ini. Mungkin beberapa di antara kalian juga lebih mengenal saya karena tulisan saya soal awkarin, yang membuat sebagian di antara kalian setuju dengan pendapat saya. when it goes viral, I don’t believe it! Saya waktu itu menulis karena resah, bukan karena ikut-ikutan jadi polisi moral. Karena jujur aja, waktu itu saya kaget dengan banyak banget pengunjung yang datang dan meninggalkan komentar dengan keresahan yang sama (bahkan sampai sampai ada yang masukin ke Youtube pula hahaha!).

Dan mulai Januari 2017 saya akan membuat satu sub tema baru di blog, di mana saya akan menulis opini kritis tentang hal-hal menarik yang terjadi. Ini bisa tentang apapun ya, bisa tentang sosial, politik, dan hal-hal menarik lainnya. Kalau nanti kalian punya ide untuk saya bahas, kalian bisa langsung kirim surel ke hello@nuruliu.com –Selain itu 2017 nanti saya akan sering-sering adain giveaway! Hadiahnya bisa jadi kosmetik, buku, atau apapun. Makanya jangan lupa untuk terus ikutin tulisan-tulisan di blog ini ya!

Saya mengharapkan 2017 menjadi Tahun yang baik buat saya, orang-orang yang saya sayang, dan juga buat kalian semua. Semoga akan lebih banyak hal-hal baik yang datang, daripada hal-hal buruknya, dan semoga apa yang kita impikan di tahun sebelumnya bisa segera terwujudkan. Dan untuk 2016, terima kasih atas hari demi hari yang telah berhasil saya lewati. Saya begitu menikmati setiap detiknya.


Selamat tahun baru 2017!


Salam, 


Share:

0 komentar